Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa , dipasang di sebuah rangkaian modul sensor  untuk menangkap sinyal gambar dan mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat komputer, dan kemudian ditampilkan kedalam bentuk gambar.

Interfae Webcam menggunakan Delphi 7 sebenarnya hanya menggantikan posisi driver yang biasanya telah disediakan dalam paket pembelian webcam itu sendiri. Sehingga bisa dikatakan tanpa harus menggunakan driver bawaan webcampun  kita dapat melakukan  capturing (pengambilan gambar) bahkan merekam video tergantung dari support webcam itu sendiri.

Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai membuat program. Interface Delphi7 terhadap sebuah kamera membutuhkan sebuah komponen tambahan. DSPack234  adalah komponen yang perlu di instal pada Delphi 7. Dspack234 memberikan  beberapa komponen yang menghubungkan program delphi  ke kamera.

Sekarang kita coba membuat program sederhana bagaimana menampilkan hasil gambar kamera pada form Delphi dan kemudian menyimpan foto ke komputer kita. Jangan lupa untuk menjalankan program ini pasang terlebih dahulu Webcamnya agar tidak terjadi error message saat program di running nanti.

Jangan lupa tambahin yang merah ini:

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs, DSPack, ExtDlgs, ExtCtrls, StdCtrls, DirectShow9,Dsutil,ComCtrls;
=====================================================================================
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;
  CapEnum: TSySDevEnum;
implementation

{$R *.dfm}

Kemudian Siapkan Komponen berikut:




kira-kira tampilannya gini:


Kemudian di Running..Tarrrra


Proses Capturing dan penyimpanan gambar

SEMOGA BERMANFAAT.salam koplak.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

All right reserved by khoirul muhlisin. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 blogger amatir -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -